March 15, 2017 News No Comments

Lahan yang terbatas seringkali menjadi kendala dan permasalahan bagi pemilik rumah untuk mendirikan bangunan. Keinginan untuk membangun rumah dengan jumlah ruang yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan luas lahan yang ada. Namun, keterbatasan lahan tidak perlu dijadikan penghalang untuk memiliki rumah yang di inginkan pemilik/anda.

Konsep pengaturan tata letak ruang di rumah ini didasarkan pada pembagian zona aktivitas. Ruangan-ruang yang bersifat servis dan publik, seperti ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, disatukan di lantai dasar. Di sini, juga terdapat ruangan yang bersifat privat, seperti kamar tidur baik untuk tamu maupun anak-anak.

Seluruh letak ruang di lantai dasar itu berdekatan. Ini bertujuan untuk mempermudah sirkulasi tanpa menghilangkanĀ privasi. Lahan sisa pada bagian belakang bangunan dimanfaatkan sebagai area menjemur atau kolam/taman.

Lantai atas dioptimalkan sebagai kamar tidur utama. Jalur sirkulasi menuju kamar tidur utama dimanfaatkan sebagai ruang bersantai. Di sini, anggota keluarga dapat melakukan berbagai macam kegiatan, seperti berkumpul ataupun membaca buku.

Bagaimana? seru bukan, memang jika lahan tidak bisa untuk di perluas rumah anda ke kanan maupun ke kiri karena keterbatasan lahan, anda bisa mengakalinya dengan membuat tingkat, ditambah dengan keramik pada lantai usahakan menggunakan keramik yang berukuran besar-besar agar terlihat luas.

Selamat mencoba!

Sumber : ideaonline.co.id

Written by admin