November 25, 2022 News No Comments

Seberapa Pentingkah Fungsi Nat Pada Keramik Lantai?

Mungkin sebagian dari Anda banyak yang memperhatikan dan bertanya-tanya mengapa terdapat celah antar keramik dengan warna yang beragam dan kebanyakan berwarna putih biasa disebut nat. Tapi tahukah Anda fungsi dari nat tersebut? Sambungan antar lantai atau nat memiliki fungsi untuk mengisi celah antar lantai. Celah ini menjadi penting karena dapat membuat lantai yang dipasang menjadi lebih rapi dan kuat. Pada umumnya, celah pada lantai ini berkisar antara 1-5 mm yang telah ditentukan ukurannya sesuai dengan model lantai yang Anda pilih.

Pengaplikasian nat biasanya dilakukan menggunakan material mortar yang diisi pada celah antar keramik. Agar Anda mengetahui pentingnya nat, simak beberapa hal berikut ini:

1. Membantu keseragaman pasangan ubin lantai
Jika ubin sudah terpasang dengan rapat dan ternyata terdapat lembaran ubin dengan selisih ukuran yang berbeda, tentu akan membuat ketidakseragaman ukuran ubin terlihat secara jelas. Anda dapat menggunakan nat mengisi celah-celah di antara ubin-ubin tersebut, agar dapat membantu menyeragamkan ubin di lantai.

2. Mengatasi muai susut keramik
Nat dapat meredamkan desakan muai susut ubin keramik yang biasa disebabkan oleh terlalu rapatnya ubin tersebut sampai mendesak ubin-ubin di sekitarnya. Hal ini tentu dapat menyebabkan rentannya terjadi popping, yaitu lepasnya satu atau beberapa ubin keramik dari tempat ubin tersebut dipasang. Maka dari itu, ada pula nat keramik yang terbuat dari resin elastis.

3. Menghalangi air masuk
Campuran mortar yang merupakan formula dari nat menjadi penting untuk menghalangi air untuk masuk ke dalam celah celah pada lantai yang dapat membuat rembes maupun merusak keramik dari dalam. Air yang masuk ke dalam celah sangat berbahaya bagi ketahanan lantai. Untuk itu, mengaplikasikan nat dapat memberikan ketahanan yang tinggi menjadi sangat penting bagi bangunan Anda, khususnya di kamar mandi atau tempat yang basah dan lembab lainnya.

4. Memberikan estetika tersendiri
Nat dengan campuran yang fleksibel tentu dapat memiliki beragam warna yang sesuai dengan suasana yang Anda inginkan pada lantai. Misalnya pada kamar mandi, anda dapat menggunakan warna putih yang dapat menyatu dengan keramik cerah agar dapat memberikan kesan senada. Nat yang gelap atau abu abu juga dapat digunakan pada beragam jenis keramik yang tentunya tidak mudah kotor. Dengan begitu, Anda sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu warna dan corak keramik sebelum dipasang, agar memberikan estetika tersendiri pada lantai.

5. Memperkuat lantai
Mengaplikasikan nat pada celah yang ada pada lantai menjadi sangat penting karena dapat memperkuat lantai Anda. Memperkuat disini tentunya dapat terlihat dari terjaganya keramik Anda dari muai susut, menghalangi air masuk yang dapat merusak keramik dari dalam, maupun mencegah keretakan yang ada pada keramik. Namun, perlu diingat bahwa nat tersebut harus terpasang secara benar agar dapat memperkuat ubin pada lantai Anda.

Demikianlah beberapa fungsi dari nat. Sehingga keberadaan nat pada saat pemasangan keramik di lantai tidak sembarangan dan menjadi penting untuk memberikan hasil yang maksimal keramik di lantai hunian Anda.

Written by admin