May 17, 2020 News No Comments

Tak terasa Lebaran sebentar lagi. Salah satu kebiasaan menyambut Lebaran selain membuat kue adalah membersihkan rumah. Sementara kita tidak bisa pulang kampung dulu tahun ini, membersihkan rumah mungkin menjadi agenda pengganti menyambut Lebaran.

Meskipun nanti pada saat Lebaran tahun ini kita tidak bisa menerima tamu seperti Idul Fitri sebelumnya, bukan berarti rumah tidak dibersihkan. Meskipun sudah rutin disapu dan dipel setiap hari selama puasa, beberapa ruangan di rumah berikut ini perlu perhatian khusus untuk mempersiapkan rumah bersih dan sehat menjelang Lebaran.

Teras, taman, atau pekarangan
Agar rumah tetap tampak bersih dan nyaman dari luar, tanaman di teras, taman, atau pekarangan harus diperhatikan bentuk dan kesegarannya. Anda bisa merapikan ranting pohon, membersihkan daun yang gugur, serta cek agar jangan sampai ada tanaman yang layu. Tanaman yang segar dan rapi akan membuat suasana rumah lebih sejuk dan asri.

Ruang Tamu
Meskipun tak akan ada tamu yang akan datang, ruang tamu haruslah tetap dijaga kebersihan dan kerapihannya. Ruangan yang bersih dan rapih akan menambah kegembiraan di hati. Teliti dan cek kebersihan setiap sudut dan setiap perabot yang ada di ruang tamu mulai dari karpet, sofa, taplak meja, gorden, hingga ventilasi udara. Anda bisa bersihkan debu pada setiap perabot hingga ventilasi udara, cuci karpet hingga taplak meja, dan menjemur sofa. Hal ini untuk memastikan tidak ada noda dan debu pada perabot di ruang tamu yang tercemar debu.

Ruang makan
Siapkan peralatan makan yang akan digunakan dan bersihkan dengan menggunakan lap bersih. Jika diperlukan Anda bisa mencuci peralatan makan sebelum digunakan. Hal ini untuk memastikan peralatan makan bagi anggota keluarga benar-benar bersih dan sehat. Jangan lupa bersihkan meja makan sebelum menata makanan di meja makan. Anda juga bisa mempercantik meja makan dengan taplak meja yang senada dengan warna peralatan makan.

Kamar mandi
Bersihkan lantai, dinding, serta rak atau kabinet kamar mandi dari kotoran. Gosok closet dengan sikat dan sabun pembersih kamar mandi dan berikan pengharum kamar mandi yang menyegarkan agar suasana hati selama Idul Fitri tetap nyaman. Pastikan juga tidak ada kecoa di kamar mandi Anda supaya kamar mandi Anda tidak terlihat jorok dan tidak sehat. Dan perlu diingat bahwa kebersihan adalah sebagian dari pada iman, yang mencerminkan perilaku hidup yang sehat. Sehingga menjauhkan diri kita maupun seluruh anggota keluarga dari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan kita. Selamat bersih-bersih semuanya.

Written by admin