January 29, 2020 News No Comments

Kebersihan rumah sangatlah penting untuk tetap menjaga kesehatan anggota keluarga. Tak hanya ruang tamu, ruang keluarga atau kamar tidur saja yang harus bersih. Tetapi ternyata area dapur sangatlah penting untuk dijaga kebersihannya. Dapur yang bau bukan hanya berpotensi menjadi sarang penyakit, tapi juga akan merusak kenyamanan ketika memasak. Dan kondisi ini tak akan terhindarkan, dimana dapur akan mudah kotor dan bau dikarenakan intensitas penggunaannya.

Mengusir aroma tak sedap di dapur bukanlah perkara mudah, terutama yang berasal dari sisa makanan. Tempat mengendapnya sisa makanan, seperti bak cuci piring dan tempat sampah, menjadi dua sumber utama bau tak sedap di dapur. Jika tak segera diatasi, aromanya dapat menyebar ke ruangan lain di rumah. Diperlukan trik tersendiri untuk membersihkan kedua tempat ini secara maksimal. Yuk simak caranya!

1. Bersihkan Saluran Air

Selain dapat menyebabkan sumbatan, makanan yang menyangkut di dalam pipa saluran air juga dapat mengeluarkan bau tak sedap. Bersihkanlah lubang atau ujung pipa saluran air paling tidak seminggu sekali.

Untuk menghancurkan kotoran yang menggumpal gunakan campuran disinfektan dengan baking soda. Jangan gunakan cairan penghancur lemak karena dapat merusak pipa saluran air. Agar selalu higienis, penting bagi Anda untuk menjaga area bak cuci tetap kering. Sehabis mencuci, taburkan tepung terigu pada permukaannya, lalu bilas dengan sabun dan keringkan dengan handuk hangat.

2. Ramuan Soda Kue, Minyak Esens, dan Air Panas

Jika aroma tak sedap tak kunjung hilang meski saluran air dan bak cuci telah dibersihkan, Anda dapat memanfaatkan minyak esens. Kesegaran aroma minyak esens dapat langsung mengusir bau yang kuat.

Tambahkan minyak esens dengan satu sendok baking soda, diamkan selama satu jam di bak cuci, lalu bilas dengan dua gelas air panas. Jenis minyak esens yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah eucalyptus, tea tree, dan mint.

3. Gunakan Arang Untuk Mengusir Bau Busuk Sampah

Selain bak cuci piring, sebagian bau tak sedap di dapur juga berasal dari tempat sampah. Anda bisa mengatasinya dengan membuang sampah secara rutin dan meletakkan potongan arang di dalam tempat sampah.

Saat ditempatkan di wadah tertutup, arang berfungsi menetralisir bau di sekitar wadah. Lima sampai tujuh potong arang yang dimasukan ke dalam tempat sampah sangat efektif menyerap bau busuk dan amis yang dikeluarkan oleh sisa makanan organik.

4. Sterilisasi dengan Cuka Panas

Tempat sampah juga harus rutin dibersihkan menggunakan disinfektan. Namun, larutan pembersih kimia saja tidak cukup. Untuk memastikan tempat sampah terbebas dari kuman atau bakteri berbahaya, tuangkan larutan cuka yang dicampur dengan air panas ke dalamnya. Larutan ini berperan untuk membasmi mikro organisme berbahaya.

5. Taburkan Soda Kue Secara Rutin

Untuk memastikan bau tak sedap benar-benar hilang, tak ada salahnya untuk menaburkan soda kue di atas sumber bau secara berkala. Satu kali seminggu cukup untuk menjaga dapur tetap segar. Tidak hanya mengusir bau tak sedap, bau asap yang berasal dari proses memasak makanan, atau bau apek dari peralatan dapur yang disimpan di dalam lemari juga dapat dinetralisir oleh soda kue. Semoga ini dapat membantu menghilangkan bau tak sedap di dapur rumah Anda. Aktivitas di dapur menjadi lebih menyenangkan. Dan rumah Anda menjadi lebih bersih dan sehat untuk seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba.

Written by admin