March 31, 2020 News No Comments

Fungsi utama jendela adalah sebagai sumber cahaya. Jadi jangan sampai kaca jendela yang kotor menghalangi cahaya yang masuk ke dalam rumah. Banyak cara untuk membersihkan kaca jendela di rumah Anda. Salah satunya adalah dengan cara sederhana berikut ini:

Pasta Gigi

Tentu tak cukup membersihkan kaca jendela hanya dengan air, apalagi jika kaca jendela sudah tergores. Untuk menghilangkan goresan ini, Anda bisa menggunakan pasta gigi.

Caranya mudah, oleskan sedikit pasta gigi pada kain lap yang lembut. Setelah itu, gosokkan kain pada kaca selama 30 detik. Selanjutnya, gosok lagi dengan lap bersih sampai permukaan kaca mengilap.

Pakai Cuka

Sebenarnya Anda tidak perlu membeli cairan pembersih kaca, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, campur cuka dengan air hangat dalam komposisi sama banyak.

Kemudian, semprotkan cairan cuka tersebut pada kaca dan lap seperti biasa sampai bersih. Cuka akan membantu mengurai kandungan kimia pada minyak di bagian permukaan jendela.

Kertas Filter (Penyaring) Kopi

Sebaiknya jangan gunakan tisu untuk mengelap kaca jendela. Karena tisu akan rusak jika terkena air sehingga bisa meninggalkan kotoran di kaca, sedangkan mengelap kaca menggunakan lap akan meninggalkan serabut-serabut halus.

Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan kertas filter (penyaring) kopi. Kertas ini memiliki daya serap air yang tinggi tanpa meninggalkan bekas.

Hindari Membersihkan Kaca Saat Cuaca Panas

Mungkin Anda berpikir, waktu paling tepat membersihkan kaca adalah saat matahari bersinar terik. Itu salah besar. Karena sinar matahari terik akan menyebabkan jendela jadi bergaris-garis.

Sebaiknya bersihkan kaca jenddela saat cuaca berawan atau teduh.

Selain hal-hal tersebut di atas, Anda bisa juga menggunakan spons atau alat pembersih kaca dari karet. Bersihkan kaca dengan cara menggosok kaca dua arah saling tegak lurus. Ini untuk mencegah bekas kotoran tersisa pada setiap ujung arah gosokan.

Anda juga bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus untuk menghilangkan debu dan kotoran pada sudut-sudut jendela. Untuk mengilapkan kaca jendela, gosok kaca menggunakan kain katun atau kertas putih. Gosok hingga kaca berbinar seperti kristal.

Written by admin