July 29, 2016 News No Comments

Sekarang ini, turunnya hujan tak bisa diprediksi. Bisa saja siang tampak terik, namun hujan deras saat malam tiba. Kondisi yang kadang basah dan kadang kering ini menimbulkan masalah pada bangunan rumah, salah satunya timbul noda pada plafon. Tampilan plafon pun jadi jelek dan kondisinya jadi rapuh.

Pada umumnya, plafon berbahan dasar tripleks, multipleks, atau gipsum. Ketiganya sangat rentan terhadap air sehingga bila kerusakannya sudah tergolong berat maka plafon harus diganti.

Namun, bila nodanya tergolong ringan, plafon tidak perlu diganti. Cukup perbaiki dengan cara berikut ini. Mudah, Anda dapat lakukan seorang diri.

1.   Kuas
2.   Roller cat
3.   Sarung tangan
4.   Tangga
5.   Cat tembok
6.   Ampelas atau kape
7.   Wadah cat
8.   Lapisan alkali sealer
Langkah Pengerjaan:

1. Pertama, bersihkan permukaan plafon dengan menggunakan ampelas atau kape.
2. Lalu, lapisi bagian plafon yang bernoda dengan alkali sealer, kemudian diamkan selama 1-2 jam hingga benar-benar mengering.
3. Campurkan cat dan air dengan jumlah air 10% dari jumlah cat. Lapisi permukaan plafon dengan campuran tersebut, kemudian biarkan mengering.
4. Langkah selanjutnya, buat campuran baru cat dan air dengan jumlah air 20% dari jumlah cat. Lapisi lagi permukaan plafon dengan campuran tersebut, kemudian biarkan mengering.
5. Terakhir, gunakan kuas untuk bagian-bagian sudut yang tidak dapat dijangkau dengan roller.
Mudah  bukan? Yuk, kembalikan “kecantikan” plafon hunian Anda dengan lima langkah di atas.

sumber: ideaonline.co.id

Written by admin