October 8, 2015 News No Comments

Apakah anda familiar dengan coating Pernis?jika untuk yang sudah berpengalaman terutama pengrajin batu alam, tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan ini, namun untuk yang baru/newbie pasti akan bertanya dan belum paham betul dengan proses coating yang baik dan benar.

Batu alam biasanya memiliki karakteristik yang berpori yang memberikan potensi besar untuk tumbuh dan berkembangnya lumut dan lain sebagainya. Terlebih jika lingkungan rumah anda lembab dan sering terkena air. Untuk melindungi akan hal tersebut maka di perlukan cat khusus untuk batu alam.

Coating atau pernis batu alam adalah jenis larutan Acrylic Resin yang dibuat dengan formulasi khusus untuk di  aplikasikan pada permukaan batu alam. Penggunaan coating pada batu alam dapat membuat batu alam lebih tahan terhadap cuaca, karena cara coating batu alam adalah meresap dan melapisi dinding pori-pori batu alam, sehingga air (hujan) tidak dapat lagi masuk ke pori-pori batu.

Cara Menggunakan Coating Pernis Batu Alam:

  1. Bersihkan batu dari sisa semen, debu, minyak, cat atau kotoran lainnya supaya coating dapat meresap dan menempel sempurna pada permukaan batu alam.
  2. Pastikan cuaca panas atau tidak hujan dan batu kering dari air sisa pembersihan tadi dan harus benar-benar kering.
  3. Lapis kan/cat kan coating batu alam pada batu memakai kuas atau bisa juga di semprot pakai kompresor untuk hasil yang lebih sempurna.
  4. Setelah lapisan pertama telah mengering (15-20 menit) dapat dilakukan pelapisan berikutnya bila di inginkan, tetapi satu lapis juga sudah bagus, penggunaan lapisan ke 2 bila menginginkan hasil yang lebih maksimal. pastikan seluruh batu dilapisi dengan merata supaya tidak terlihat belang hasilnya.
  5. daya sebar 1 kaleng/1 liter coating bisa melapisi 5-8 mtr2 tergantung jenis batu dan porositas batu, biasanya untuk batu candi penggunaan lebih boros karena jenis batu tersebut mempunyai pori-pori yang banyak dan lebar.

Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mencoba coating sendiri di rumah, namun jika masih ragu, maka anda bisa mencari model keramik yang bermotif batu alam seperti yang ditawarkan oleh Centro keramik, sehingga untuk hal-hal diatas tidak perlu lagi anda lakukan, namun tetap terkesan natural dan indah pada desain rumah anda. Selamat mencoba.

Sumber : tukangsapu.web.id

Written by admin