Keramik kusam
February 2, 2018 News No Comments

Keramik sudah menjadi bagian penting dari keindahan rumah. Tidak jarang investasi yang Anda tanamkan juga tidak murah sehingga perlu perhatian ekstra dari pemilik rumah untuk menjaganya tetap bersih dan mengkilat seperti ketika keramik pertama kali dipasang.

Namun banyak orang yang tidak sadar bahwa prilaku kita sendiri-lah terkadang malah menjadi pemicu kusamnya keramik. Berikut 4 penyebab keramik kusam:

  1. Minyak

Dapur merupakan salah satu tempat yang paling tidak bisa dilepaskan dari peran keramik, terutama dapur basah. Tapi aktivitas memasak yang melibatkan banyak cipratan minyak pada saat menggoreng membuat keramik menjadi rentan terhadap kusam. Apalagi jika minyak yang digunakan sudah bercampur dengan warna bahan masakan.

Maka kita sebaiknya tidak menunda terlalu lama untuk bersihkan keramik. Karena semakin lama kita tunda, maka semakin lekat minyak pada keramik hingga sulit untuk dibersihkan.

2. Air Hujan

Untuk menampilkan kesan alami pada rumah, kita sering menggunakan keramik batu alam, baik pada pagar, teras depan dan juga teras belakang. Kesan alami ini semakin terasa tatkala hari tengah hujan. Namun yang tidak disadari, air hujan membawa banyak materi yang akan membuat keramik cepat kusam.

Terutama pada keramik di bagian bawah yang dekat dengan tanah, keramik ini acapkali terkena cipratan air dari tanah yang akan membuatnya menjadi terlihat kotor. Jika Anda menggunakan keramik batu alam, selamat! karena Anda tidak akan terlalu sulit untuk membersihkan. Cukup dengan menyiram air pada batu atau mengelap keramik untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Kain Pel

Kami tahu bahwa kain pel adalah salah alat yang paling sering digunakan untuk membersihkan keramik. Tapi tahukah Anda bahwa penggunaan bahan kain pel yang tidak memiliki daya serap tinggi malah akan meninggalkan noda kotoran pada keramik. Jika endapan kotoran tersebut makin menumpuk, kotoran tersebut malah akan menggores keramik.

Karena itu sebaiknya Anda pastikan kain pel yang digunakan memiliki daya serap tinggi, atau paling tidak pastikan kain pel bersih pada saat memeras air dari kain.

 

Written by admin